Minggu, 13 Maret 2011

Contoh Surat Persetujuan Dewan Komisaris Perseroan Terbatas

SURAT PERSETUJUAN DEWAN KOMISARIS


Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama                              : 
Tempat/tanggal lahir         : 
Jabatan                            :
Alamat                            :                                  
Nomor KTP                    : 

--  dalam hal ini bertindak dalam jabatannya tersebut diatas dengan ini memberikan persetujuan kepada:

Direksi perseroan terbatas PT.

---------------------------------------------------  K H U S U S ----------------------------------------------

Untuk mengajukan permohonan pinjaman kredit dalam bentuk Fasilitas Kredit Bank Garansi sebesar USD/Rp ............................ atas nama perseroan terbatas PT. …………………………, berkedudukan di.........………. yang anggaran dasarnya dasarnya telah disesuaikan dengan Undang-Undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas sebagaimana dimuat dalam : ----
-         akta Pernyataan Keputusan Rapat tanggal 30-08-2008 (tiga puluh Agustus duaribu delapan) nomor 280, yang dibuat dihadapan  .................., Sarjana Hukum, notaris di ........................ Perubahan anggaran dasar mana telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia demikian berdasarkan surat keputusannya tanggal ............. Nomor :  
bertalian dengan perubahan anggaran dasar terakhir sebagaimana yang dimuat dalam : -----
-     akta Pernyataan Keputusan Rapat tanggal ......................... nomor ............., yang dibuat dihadapan ...................., Sarjana Hukum, notaris di .............., perubahan anggaran dasar mana telah diterima dan dicatat di dalam database Sistem Administrasi Badan Hukum Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sebagaimana ternyata dalam suratnya tertanggal ....................................... Nomor : .................................................
kepada perseroan terbatas PT. BANK …………………., berkedudukan di Jakarta Pusat dan/atau kantor cabangnya di Surabaya Jalan ……………………………..(untuk selanjutnya disebut “BANK”) ; ----

-- Selanjutnya Direksi perseroan dapat menghadap dimana perlu, menandatangani Akta Perjanjian Kredit dihadapan notaris/pejabat BANK yang berwenang berikut perubahan-perubahannya, tambahan, perpanjangan dan pembaharuannya, menandatangani akta-akta atau surat-surat lain yang diperlukan baik yang dibuat secara notariil maupun dibawah tangan, tidak ada tindakan yang dikecualikan.

Demikian surat persetujuan ini dibuat untuk dapat digunakan dengan semestinya.

Surabaya, ………………….
Pemberi Persetujuan






________________
Komisaris PT.

Catatan :
  1. Surat Persetujuan Dewan Komisaris PT ini adalah untuk membuat persetujuan kepada Direksi PT untuk meminjam uang dari lemabaga keuangan (umumnya Bank) untuk memenuhi ketentuan Pasal 12 Anggaran Dasar Perseroan Terbatas sesuai dengan Ketentuan UU Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.
  2. Sekalipun di dalam suatu Perseroan Terbatas hanya memiliki 1 (satu) orang Komisaris sesuai namun berdasarkan pada ketentuan UU No.40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas bahwa Tindakan Komisaris adalah bukan tindakan perorangan namun secara bersama-sama yang sering dikenal dengan sebutan Dewan Komisaris. Pengertiannya bahwa segala tindakan yang membutuhkan persetujuan dari komisaris perseroan maka suatu tindakan hanya bisa dilakukan apabila seluruh komisasris di dalam suatu perseroan terbatas tersebut (baik terdiri dari 1 orang atau lebih).
  3. Mengenai bentuknya Surat Persetujuan Dewan Komisaris bisa dibuat dibawah tangan atau dalam bentuk akta notariil. Namun apabila dibuat dibawah tangan maka umumnya surat persetujuan terbuat dilegalisasi oleh seorang pejabat notaris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar